Bupati Asahan: Rumah Sakit Harus Siapkan BOR untuk Pasien Covid-19

Bupati Asahan: Rumah Sakit Harus Siapkan BOR untuk Pasien Covid 19

topmetro.news – Satuan tugas penanganan covid-19 Asahan mendiskusikan penerbitan imbauan bersama aturan pemberlakuan kegiatan PPKM level 3 di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Selasa (3/8/2021).

Draft imbauan bersama ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 tahun 2021, Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.54/31/INST/2021. Juga intruksi Bupati Asahan Nomor 6-BPBD-Tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3. Serta mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat Desa/Kelurahan.

Demikian disampaikan Bupati Asahan, H Surya BSc yang juga ketua satgas  penanganan covid-19 Asahan saat memimpin rapat.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan himbauan tersebut mengatur pedoman pelaksanaan kegiatan masyarakat antara lain kegiatan belajar mengajar secara daring/online, kegiatan di tempat pekerjaan, kegiatan para pedagang, kegiatan makan/minum ditempat umum, kegiatan di toko swalayan/minimarket dan supermarket, tempat ibadah, olahraga, pesta dan aturan lainnya yang  akan disepakati secara bersama dan menjadi himbauan.

Bupati berharap setiap rumah sakit dapat menyiapkan ketersedian BOR (Bed Occupancy Ratio) untuk pasien covid-19.

“Dan kita berdoa agar wabah ini dapat segera hilang, khususnya di Asahan,” tutur Bupati Asahan.

Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira berharap kepada setiap rumah sakit dapat melakukan pengawasan kepada pasien yang terpapar covid-19. Dan tetap melakukan koordinasi dengan satgas.

“Kita telah melakukan upaya-upaya agar angka penyebaran covid-19 menurun diantara penegakan protokol kesehatan, melakukan ops penyekatan dan operasi yustisi. Untuk menekan angka penyebaran covid-19 kita harus melaksanakan vaksinasi massal, menambah vaksinator. Juga menyediakan obat anti virus dan memberikan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan prokes,” ucap Putu.

Dandim 0208/Asahan, Letkol Sri Marantika Beruh meminta agar setiap rumah sakit menyediakan 20-30 persen tempat tidur dari jumlah seluruh tempat tidur yang tersedia di rumah sakit untuk penanganan pasien yang terpapar covid-19.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment